Kuliner Thailand Halal di Siam Orchid Supreme, Stasiun Tokyo

Restoran Thailand di Stasiun Tokyo ini mulai menyajikan menu halal sejak sekitar akhir tahun 2017. Sebagai seorang penyuka masakan Thailand yang memang enak banget itu (setelah masakan tanah air tercinta tentunya), saya tak mau ketinggalan mencicipi hidangannya! Tapi setelah sempat beberapa kali tertunda karena satu dan lain hal, akhirnya baru setahun kemudian saya kesampaian makan-makan di restoran ini *lama bener yak tertundanya 😁

 Siam Orchid Supreme
Pintu depan Siam Orchid Supreme

Yang saya suka waktu pertama kali masuk ke restoran ini adalah interiornya yang dibuat sedemikian rupa menyerupai warung khas Thailand. Meja sama kursinya menggunakan kombinasi kayu dan besi yang mungkin kalau di Thailand sana terbuat dari plastik seperti warung-warung di Indonesia ya? *sotoy 😁 Ada macam-macam tempelan poster juga di dinding, gantungan bendera Thailand, dan pajangan-pajangan yang sepertinya didatangkan langsung dari Thailand sana. Benar-benar berasa lagi wiskul di Thailand! 😍

Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Berasa kayak di warung2 gitu kan? 😁
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Ada foto tuktuk ditempel di dinding

Menu yang saya pesan di kunjugan pertama ke Siam Orchid Supreme adalah paket Half & Half. Maksudnya supaya bisa mencicipi setidaknya dua menu sekaligus 😁 Kompakan dengan Afwa hari itu, kami sama-sama memilih set Graprao + Geang Masaman. Level pedasnya bisa dipilih sesuai selera, dan kemampuan. Rasanya enaaaak, sesuai dengan yang dibayangkan. Afwa doang sih yang merasa pedas level paling atasnya masih kurang nendang 😝

Selain set half & half ini, ada juga menu Siam set dan Healthy set dengan lauk dan side dish yang lebih beragam jenisnya. Kalau kebetulan datang sendiri dan pengin mencicipi berbagai menu, mungkin set ini bisa dijadikan pilihan 🤤

Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Kami pesan menu I-L
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Menu sama, tapi jumlah cabe berbeda!
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Punya afwa yang level paling pedes!
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Siam set sama healthy set-nya lengkap banget kayaknya!

Kali berikutnya makan di sini, saya datang dengan keluarga. Jadi, menu yang dipesan lebih beragam dan bisa saling tukaran makanan 😁 Salah satu menunya yang sempat bikin saya penasaran adalah gyoza-nya yang konon kata Afwa rasanya enak dan beda dengan gyoza biasa! Akhirnya saya cuma kesampaian mencicipi Thai gyoza dan Tom Yum gyoza. Maklumlah kapasitas perut juga terbatas 😁 Menurut saya, Thai gyoza lebih enak dibanding Tom Yum gyoza yang rasanya lebih asam. Tapi mungkin ini preferensi pribadi belaka ya, karena saya memang tak begitu suka asam 😅 Berikutnya mesti nyobain Pakuchi gyoza nih kayaknya!

Siam Orchid Supreme Tokyo Station
3 jenis gyoza yang bisa dipilih
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Gak inget persis yang ini yang Tom Yum gyoza atau atau Thai gyoza
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Gak bisa dibedain pula dari cocolannya 😅 Yang jelas dua2nya enak siiih 🤤

Selain itu, saya juga sempat mencicipi somtam-nya Siam Orchid Supreme. Selada yang satu ini termasuk sedikit di antara hidangan sayur-sayuran yang lumayan bisa saya makan. Bumbunya kencang, jadi tak terlalu berasa lagi sensasi sayurnya, sama seperti cah kangkung atau masakan sayur ala Indonesia 😁 Khao Man Gai (chicken rice) dan Tom Yum ramen di sini juga lumayan enak, tapi sepertinya saya masih lebih suka Tom Yum ramen di Rung Ruen yang kuahnya berasa lebih berminyak itu! Walaupun setelah dipikir-pikir lagi, Tom Yum ramen di Rung Ruen yang sekarang sepertinya tak sedahsyat itu lagi minyaknya, tapi tetap murah meriah pastinya 😅 Oiya, Seafood Thod alias chijimi seafood ala Thailand di sini juga enak, lho! Semacam dadar ala-ala kali ya, pasti cocok banget sama selera orang Indonesia 😋

Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Somtam maknyus!
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
“Dadar” yang pinggirnya kriuk2 ini enak banget deh!
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Set half-half tomyum ramen sama chicken rice

Pakuchi, alias daun ketumbar, bisa dibilang tak bisa lepas dari image masakan Thailand, terutama di kalangan orang Jepang, walaupun saya pernah nonton acara di televisi yang membahas kalau sebenarnya tak semua orang Thailand juga bisa makan pakuchi. Nah, di Siam Orchid Supreme ini, pakuchi tersedia dalam berbagai versi, mulai dari infused-water yang biasanya diletakkan di tiap meja, topping makanan, dijual terpisah dalam porsi kecil, atau bahkan all-you-can-eat kalau posting di SNS! Surga banget buat penyuka pakuchi 🤩

Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Pakuchi doang semangkuk
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Infused water-nya pun isi pakuchi!
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Bonus pakuchi kalau posting di SNS

Dari sekian banyak pilihan menu di Siam Orchid Supreme ini, ada satu yang masih bikin saya penasaran, yaitu steak ala Thailand yang konon katanya enak banget! Waktu itu saya sudah memesan menu ini beserta menu-menu lainnya. Tapi setelah menunggu cukup lama, dan setelah menu pesanan lainnya datang, si grilled beef tak juga kunjung tiba, padahal dua orang di meja sebelah yang datang setelah saya sudah datang pesanan grilled beef-nya! Akhirnya saya putuskan untuk konfirmasi ke mbak stafnya dan dijawab dengan, “Steak-nya udah abis” *saya jadi suudzan si mbaknya lupa trus akhirnya udah keabisan 😭 Mungkin ini pertanda supaya saya balik lagi ke sana *alesan 😁

Btw, menu lebih lengkap bisa dicek langsung di Facebook page Siam Orchid Supreme. Semuanya menggoda banget! 🤤

Itu menu grilled beef yang bikin saya penasaraaan… *foto dari Facebook page-nya Siam Orchid Supreme
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Pengen nyobain ramen yang lain jugaaa

Kalau ditilik dari segi harga, makanan di Siam Orchi Supreme ini memang berasa sedikit mahal, apalagi kalau dibandingkan Rung Ruen favorit di Shin Okubo. Misalnya saja, harga dessert Kanom Tuay yang harganya 445 yen di Siam Orchid Supreme bisa didapat dengan harga kurang dari setengahnya di Rung Ruen! Tapi saya belum sempat mencicipi dessert ini di Siam Orchid Supreme siih, jadi belum bisa membandingkan rasanya secara langsung. Walaupun begitu, secara umum harganya tetap standar kok dibandingkan kebanyakan restoran lainnya di Jepang. Rentang harganya sekitar 800-an sampai 1200-an yen di luar pajak.

Terus lagi, konon katanya pernah juga ada menu mango sticky rice juga lho di Siam Orchid Supreme ini. Tapi dari beberapa kali kunjungan saya ke sana, menu ini selalu tidak ada. Sepertinya stok mangga yang pas untuk mendampingi sticky rice tak semudah itu didapatkan di Jepang 😔

Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Harga dessert-nya lumayan berasa mahal 😅
Siam Orchid Supreme Tokyo Station
Kan gak rela rasanya kalau harus bayar 815 yen buat cah kangkung 😂

Berlokasi di kompleks Kitchen Street di Stasiun Tokyo, Siam Orchid Supreme sangat pas dijadikan pilihan kuliner saat berangkat atau tiba di salah satu stasiun utama di Tokyo ini. Tapi saya mah selalu ke sini dengan niat untuk kuliner saja 😁

Akses paling mudah menuju Kitchen Street bisa dilihat di peta di bawah ini. Kalau keluar dari jalur kereta JR, cari saja Yaesu North Gate, atau bisa juga dari sisi Nihonbashi Gate. Sedangkan kalau dari sisi Marunouchi, lewati saja underground passage yang menghubungkan dengan sisi Yaesu. Tapi harus hati-hati juga karena ada satu lagi Siam Orchid cabang lain di lantai basement di sisi Yaesu shopping mall. Cabang yang ini tidak menyajikan menu halal. Jadi, pastikan ada tulisan “Supreme” di pintu depan restoran, ya!

Floor Map dari sini
Tokyo Station Kitchen Street
Cari-cari aja tulisan Kitchen Street 😁
Siam Orchid Supreme nomor 20 yang dilingkerin ijo itu 😀 *screenshot dari sini
Sertifikasi halal

Verdict: Sebagai pencinta masakan Thailand, menurut saya restoran ini sangat layak untuk didatangi. Makanannya enak-enak, suasana di dalam restoran pun nyaman dan meriah. Lumayan banget untuk dijadikan pilihan tempat singgah sebentar di antara perjalanan di Jepang, atau diniatkan untuk didatangi khusus demi sesi wisata kuliner maknyus! 😋

Siam Orchid Supreme buka setiap hari dari pukul 11 pagi sampai 11 malam.

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s