Perdana Menjajal Tokyo Wide Pass!

Setelah beberapa kali mendengar cerita teman-teman tentang Tokyo Wide Pass yang konon bisa dibeli oleh warga asing yang tinggal di Jepang (tidak harus visa turis), akhirnya bulan Oktober lalu saya berkesempatan menjajal langsung tiket terusan kereta yang sungguh menguntungkan banget ini!

Saya sendiri cukup sering mendapat pertanyaan perihal JR Pass, entah itu dari saudara, teman, atau kenalan yang mau jalan-jalan ke Jepang. Kebanyakan pertanyaannya seputar “worth it gak kalau beli JR Pass buat selama jalan-jalan di Jepang?”. Jawaban default saya biasanya adalah “Kalau bakal naik Shinkansen minimal 2 kali, misalnya Tokyo-Kyoto/Osaka pulang-pergi, kemungkinan sudah akan balik modal kalau beli JR Pass”. Karena sesungguhnya tiket shinkansen Tokyo-Kyoto/Osaka itu harganya hampir 14,000 yen untuk sekali jalan, sodara-sodara! Sementara harga tiket terusan JR Pass untuk 7 hari adalah 29,110 yen. Jadi, kalian sudah akan “untung” kalau JR Pass-nya digunakan untuk pulang-pergi Tokyo-Kyoto/Osaka, plus dipakai naik jalur kereta JR dalam kota selama masa berlaku tiket tujuh hari itu.

Saya selalu hanya mampu gigit jari mendengar cerita teman-teman yang bisa naik Shinkansen sepuasnya ke seluruh penjuru Jepang! (Note: perlu diperhatikan bahwa ada juga jenis-jenis shinkansen tertentu yang tidak di-cover JR Pass).

Kalau pakai JR Pass bisa jalan dari ujung ke ujuuuung T_T

Taaaapi, ternyata masih ada kook beberapa pilihan tiket terusan “hiburan” buat orang asing yang menetap di Jepang, salah satunya si Tokyo Wide Pass ini! Harganya 10.000 yen, dan berlaku selama tiga hari berturut-turut. Bisa dibeli di beberapa counter yang ditentukan, dan cukup bawa paspor dari negara masing-masing.

Rute kereta yang di-cover Tokyo Wide Pass

Lumayan kaan pilihan spot-spot wisatanya ^^

Sesuai namanya, wilayah yang di-cover tiket terusan ini tentunya adalah “Tokyo dan sekitarnya”. Untuk shinkansen, tiket terusan ini hanya berlaku di jalur yang masuk dalam cakupan JR East Line, selain dari Tokaido Shinkansen. Tapi jangan khawatir, ada banyak banget kok jenis kereta yang bisa kita naiki dengan Tokyo Wide Pass ini, termasuk selain dari kereta JR! Di antaranya adalah kereta Super View Odoriko yang jendelanya tinggi banget sampai ke langit-langit supaya penumpang bisa menikmati pemandangan laut yang cakep banget di pinggiran Semenanjung Izu itu, Fujikyu Railway untuk ke Kawaguchiko, bahkan kereta SPACIA untuk ke Nikko!

Super View Odoriko

Penampakan jendela Super View Odoriko

Nyobain Shinkansen E5

日光1号

日光1号 yang berangkat dari Shinjuku

Berhubung waktu itu saya ingin memaksimalkan pemakaian Tokyo Wide Pass ini, saya menyusun rute perjalanan pulang-pergi selama tiga hari berturut-turut. Hari pertama saya berangkat ke Izu, di Shizuoka. Hari ke-2 saya cabut sampai jalur paling ujung di Tochigi dan lanjut sewa mobil sampai ke Fukushima. Hari ke-3 saya meluncur ke Nikko demi berburu warna-warni musim gugur di sana. Semuanya diniatkan berangkat pagi-pagi buta (eh, sekitar jam 7-an lah dari rumah) dan mendarat pulang sekitar jam 9 malam! Sungguh lelah, tapi bahagia rasanya 😀

Salah satu view cakep di rest area sepulangnya dari Fukushima mengejar shinkansen pulang ke Tokyo

Dengan tiket terusan ini, kita bisa memesan kursi tanpa biaya tambahan sama sekali kalau ingin memastikan bisa dapat duduk di jam keberangkatan yang diinginkan. Dan sebenarnya tanpa reservasi pun, kita bisa langsung naik ke gerbong non-reserved, misalnya di Tohoku Shinkansen atau beberapa jalur kereta lainnya. Tapiiii, hati-hati juga karena ada beberapa kereta yang seluruh gerbongnya adalah reserved seat. Untuk kasus seperti ini, kita tidak bisa naik tanpa memesan kursi. Sempat ada kejadian terkait pemesanan kursi ini waktu saya naik Super View Odoriko yang semua gerbongnya adalah reserved seat. Waktu it saya dan Afwa sudah siap sedia menunggu kedatangan kereta di Stasiun Yokohama. Di platform yang sama ada dua turis asing yang sepertinya juga menunggu kereta Super View Odoriko ini. Tapi, begitu kereta datang, mereka tidak diperbolehkan naik karena sepertinya tidak memesan kursi dan hanya menunjukkan JR Pass ke bapak petugas kereta. Jadi, pastikan untuk mengecek dengan teliti jenis kereta yang akan digunakan.

Keterangan lebih lanjut bisa dibaca langsung di website Tokyo Wide Pass

Overall, saya sangat merekomendasikan Tokyo Wide Pass ini untuk yang berencana jalan-jalan di sekitaran Tokyo saja. Walaupun berlaku tiga hari, kita sudah bakal untung banget kok seandainya tiket ini dipakai dua hari saja, misalnya untuk akhir pekan tanpa hari libur tambahan sekalipun.

Contohnya, tiket satu kali jalan dari Yokohama sampai ke Izu-inatori yang saya tempuh di hari pertama waktu itu, harganya sekitar 4,800 yen, atau hampir 10,000 yen untuk tiket PP. Bahkan ongkos pulang-pergi untuk shinkansen dari stasiun Tokyo sampai Nasushiobara saja (rute hari ke-2 saya) totalnya sudah 11,800-an yen, lho! Yang artinya kita bisa “balik modal” cukup dengan satu kali pulang pergi naik shinkansen ke salah stasiun paling ujung di rute yang di-cover. Saya sendiri waktu itu menempuh perjalanan yang kalau tiketnya dibeli satuan, harga totalnya ternyata sekitar 28,000, euy! Lumayan banget kan untungnya? 😀

Target saya berikutnya adalah merencanakan one-day trip ke Gala Yuzawa untuk main salju, melipir ke Karuizawa, atau mungkin berburu onsen di Nikko? 😀

Pose penuh kemenangan di tiga tempat berbeda 😀

9 responses to “Perdana Menjajal Tokyo Wide Pass!

1. Itu kayak aku ke matsumoto kalau ga salah kemarin mba, ga reserve seat, pas naik kereta dari gerbong awal sampe akhir, lah kok reserve seat semua, akhirnya turun lagi 😂😂

Ditunggu cerita lengkap jalan jalannya mba

• Huwaa, ternyata presyl sempat ngerasain yaa.. Iya ni mesti dipratiin benern2 ya soal reserved seat ini, bisa repot klo kereta berikutnya lama baru dateng lagi

2. Pingback: Flashback 2018 | Tukang Makan - Tukang Jalan・食いしん坊・タビ好き·

3. Pingback: Kapok ke Nikko pas Musim Gugur! | Tukang Makan - Tukang Jalan・食いしん坊・タビ好き·